Selasa, 27 Maret 2012

Kabut Papandayan (9-10 Maret 2012)

Kali ini adalah cerita yang datangnya dari Gunung Papandayan..
Papandayan adalah sebuah gunung yang berada di daerah Garut dengan ketinggian 2665 mdpl.
Perjalanan kali ini cukup senang tapi juga sedih. Senang, karena rame dan seru yang ikutan. Sedih, karena gk bisa kemana-mana karena kabut yang terus menerus menutupi keindahan Papandayan yang sesungguhnya.

Perjalanan ini dimulai pada hari Jumat, 8 Maret 2012 dengan Meeting Point di terminal Kampung Rambutan.
Disitu kiat berkumpul dan memulai perkenalan satu sama lain. Pada pukul 22.00 wib kita mulai perjalanan menuju ke terminal Guntur, Jawa Barat. tiba di terminal Guntur sekitar pukul 03.30 wib. Setibanya di sana, kita mulai belanja bekal yang diperlukan. Namun tidak semua logistik di beli di pasar karena katanya mau belanja di alfamart.
Namun, ternyata tidak ada Alfamart yang buka selama perjalanan menuju camp.

Singkat cerita, kami melanjutkan ke camp David (nama camp di kaki gunung papandayan) dan beristirahat disana sejenak sekaligus sarapan (terdapat banyak warung yang menjajakan makanan). Sambil menunggu teman yang sedang dalam perjalanan, kami sarapan dan menghangatkan diri di dekat perapian yang sudah ada di sediakan oleh pemilik warung.

Setelah semua sudah datang, kami melanjutkan perjanan menuju Pondok Salada (camping ground). Kami melewati  kawah yang mengeluarkan banyak asap yang membuat kami sesak dan mata perih. Lalu kami melewati pepohonan cantigi lalu rest sejenak sambil bernarsis ria.. hhehehehe

Setelah selesai foto2, kita melanjutkan perjalanan menuju lembah mati (lokasinya mirip kawah putih). Di sini kita juga memulai sesi foto. Kemudian kami langsung menuju camping ground di Pondok Salada. Setibanya disana kita langsung mendirikan tenda untuk tempat kami menginap di malam yang dingin (pada malam itu thermometer menunjuk pada 10 derajat Celcius).

Tak banyak yang bisa kami lakukan pada saat itu selain masak, dan bercanda ria sambil bernarsis.
Tiba di keesokan harinya kami bangun sekitar pukul 05.30 wib. Dengan cuaca yang cukup berawan kami kembali bermain, bercanda, dan bernarsis juga pastinya. Sekitar pukul 07.00 kabut kembali datang membawa air yang membasahi kami. Sehingga kami bergegas masuk ke dalam tenda masing2 untuk berteduh. sampai pukul 10.00 wib hujan akhirnya reda, dan kami mulai sarapan dan setelahnya kami langsung bergegas packing sebelum terlambat. pada pukul 12.00 wib kami turun kembali menuju camp David karena mobil yang kami tumpangi sudah menunggu disana. Sekitar pukul 14.00 kami jalan menuju terminal guntur. Setelah tiba di terminal, kami mulai membenahi diri dan mengisi perut kami yang kosong dengan roti yang masih ada. Setelah selesai, kami kembali menuju Jakarta pada pukul 17.30 wib. Dan kami berpisah di terminal Pasar Rebo..
thanks kawan-kawan buat perjalanannya.

Cost :
Jakarta - Guntur : Rp. 35.000,-
Guntur - Camp David : Rp. 15.000,-
Jumlah : Rp. 100.000,- (PP)